HOME
Home » Uncategorized » Soto Sulung Alias Soto Madura Kenapa Tidak di Madura ?

Soto Sulung Alias Soto Madura Kenapa Tidak di Madura ?

Posted at December 25th, 2017 | Categorised in Uncategorized

Pasti pernah dengar semua dong jembatan suramadu di jawa timur. Nah kali ini kita mau ajak kalian semua ke provinsi jawa timur tepat ke Madura. Nah kembali sedikit mebahasa jemabatan suramadu ini, jembatan yang awal pengerjaannya ni pada masa president megawati dan selesai pada era keperesidenan sby ini merupakan jembatan yang melintasi Selat Madura yang menghubungkan Pulau Jawa (di Surabaya) dan Pulau Madura (di Bangkalan, tepatnya timur Kamal), Indonesia. Bisa dibayangkan sendiri dong betapa panjangnya jembatan ini. Nah jembatan ini juga menjadi symbol iconic provinsi jawa timur tuh.

sumber: ettik. net

Provinsi yang beribukota Surabaya ini sangat terkenal dengan berbagai kearifan lokal yang mahsyur sampai ke luar negeri sana. Salah satu yang terkenal adalah karapan sapi Madura. Karapan sapi sendiri adalah perlombaan yang bersal dari pulau Madura yang sampai saat ini masih selalu diadakan di daerah tersebut. Jika anda semua sewaktu waktu berniat melihat secara langsung kegiatan megah ini anda bisa mulai siap- siap 1 bulan sebelum jadwal kegiatan tersebut diselenggarakan. Biasanya pada bulan Agustus dan bualn September setiap tahunnya.

Karapan sapi sangat terkenal di kota asalnya Madura. Pulau Madura sendiri memang terkenal unik, selain dengan logat bicara yang khas, masyarakatnya yang ramah dan terkenal hemat. Untuk bisa sampai ke pulau yang konon berbentuk badan sapi ini, kalian semua harus melalui jembatan suramadu yang merupakan jalur satu satu nya agar bisa sampai di sana. Memang kalo kita berbicara tentatng Madura, selau terlintas di benak kita keunikan dan kearipan lokal yang memiliki nilai tinggi.

Nah selain dengan karapan sapinya, pulau Madura juga terkenal dengan makanan khas nya yang juga setara dengan makaanan- makanan enak khas dari daerah lainnya tuh. Salah satu yang cukup terkenal adalah sotonya. Beda dengan nama makanan di daerah lain yang menggunakan nama kota asal. Soto Madura malah di beri nama dengan sebutan soto sulung. Nama sulung sendiri merupakan nama sebuah jalan yang ada di kota Surabaya. Namun karena penjual soto ini merupakan orang Madura yang kebetulan menjualnya di jalan sulung Surabaya dan telah lama berjualan kuliner khas jawa timur ini disana, sehingga lama kelamaan masyarakat Surabaya menyebutnya dengan soto sulung. Hampir semua masyarakat menyebutnya dengan soto sulung bahkan daerah daerah kuliner berkuah ini berasal juga menamainya dengan sebutan soto sulung.

sumber: widhiaanugrah. com

Tidak ada bedanya dengan soto- soto khas daerah lainnya yang juga menggunakan nasi, rebusan santan yang hangat untuk kuahnya juga selaludi taburungi dengan bawabng goring dan daun seledri yang memmbuat orang yang melihatnya tergugah seleranya untuk menyantap kulliner yang dominan jeroan sapi ini. Ketika dinikmati, jeroan sapi tersebut terasa sangat lebut di mulut dan terasa hangat karaena kaya akan rerampaham pada kuahnya. Sehingga setelah menyantapnya tubuh kita tersa lebih sehat dan bersemangaat. Jangan lupa untuk mencicipi makanan khas lainnya ya..

No comment for Soto Sulung Alias Soto Madura Kenapa Tidak di Madura ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *